Profil

Teman-teman sejawatnya sering memanggilnya “Doy” atau tak jarang karena perawakannya yang gemuk dipanggilnya “ndut”. Tanggal lahirnya sama dengan hari koperasi, 12 Juli, bahkan di kota yang sama pula, saat pertama kali founding father Indonesia, Moh Hatta mendeklarasikan hari koperasi, Kota Resik Tasikmalaya. Yang membedakan tentu tahunnya, pria ini lahir 1988 silam.

Selain bermain futsal, hobi yang ditekuninya adalah membaca. Walaupun belum begitu banyak, di kamarnya terdapat sekitar empat-ratusan koleksi buku sebagai perpustakaan mini pribadinya.

Sosok yang cukup aktif di beberapa organisasi ini mulai terjun di dunia blog sekitar tahun 2008-an, ketika dia menemukan salah satu blog seniornya yang memberikannya inspirasi yang sama. Sempat menjadi ketua bidang seni rupa di Sanggar Seni Grentes saat masih SMA. Aktif di OSIS SMAN 1 Tasikmalaya dan ikut beladiri BKC (Bandung Karate Club) pas SMA, saat kuliah sempat meneruskan namun tidak lama, cuma sampai sabuk biru. Selama mahasiswa banyak mengkaji tentang perkoperasian. Aktif di Koperasi Kampus Unsoed, dari fasilitator sampai akhirnya menjadi badan pengawas, dan terakhir menjadi pengurus. Selain itu yang berhubungan dengan koperasi, pernah juga mengikuti pelatihan kader Lapenkopda Banyumas dan ikut bergabung dengan beberapa seniornya di BAE Cooperative Consulting, lembaga yang concern dalam konsultan koperasi dan Kidal Collective, koperasi pekerja yang bergerak di bidang propaganda kritik sosial dan budaya melalui industri kreatif.

Pria yang bernama asli Dodi Faedlulloh ini memang mempunyai ketertaikan tersendiri mengkaji diskursus tentang perkoperasian. Selain wacana koperasi, pria lulusan pesantren ini juga banyak belajar tentang Marxisme, gerakan sosial, dan kebijakan publik.

Pasca lulus dari jurusan ilmu administrasi negara Universitas Jenderal Soedirman 2011 lalu, kini bersama kawan-kawan seperjuangannya menginisiasi lembaga baru bernama Balé Adarma, lembaga yang diarahkan sebagai meeting pot atau ruang integrasi antara mahasiswa dan masyarakat juga pendidikan kritis dan praxis. Dalam lembaga tersebut menjabat sebagai direktur. Selain itu, di sela-sela waktu bersama beberapa seniornya membentuk Lembaga Kajian Kebijakan Publik, sesuai dengan namanya lembaga ini memang concern dalam perihal mengkaji kebijakan publik, baik nasional maupun lokal. Kemudian  melanjutkan studi di Pascasarjana Program Studi Ilmu Administrasi (Publik) Universitas Jenderal Soedirman dan lulus Desember 2014.

Dalam pengalaman profesionalnya, Dodi pernah bekerja di Koperasi Konsumen Kopkun (2010-2015), dan Koperasi SiSehat (2012-2015). Kini pria ini mengabdikan diri di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta sebagai dosen pada Prodi Ilmu Administrasi Publik. []

 
Creative Commons License
All contens are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.

Creative Commons [cc] 2011 Dodi Faedlulloh . Style and Layout by Dodi | Bale Adarma