Alasan Menyimpan Guestbook di Navigasi Bawah Blog

Oleh : Dodi Faedlulloh

Blogwalking adalah aktivitas yang selalu dilakukan para blogger, tujuannya tiada lain untuk saling mengunjungi sesama blogger dengan harapan adanya backlink, bertambahnya daftar kunjungan, atau sekedar menjaga ‘silaturahmi’. Biasanya dalam aktivitas blogwalking, si blogger selalu meninggalkan jejak di blog/web yang dikunjunginya, biasanya dengan cara meninggalkan komentar dalam postingan blogger lain. 

Selain meninggalkan komentar di blog, para blogger juga sering meninggalakn komen atau sapaan, sekedar sapaan “kunjungi balik ya !”, “follbak ya!” dll, di guestbook (buku tamu) untuk meninggalkan jejak. Saya pun tidak lupa menggunakan tool yang biasanya disediakan oleh beberapa pihak ketiga, seperti shoutmix,cbox,oggyx dll, untuk memudahkan para kawan blogger meninggalkan jejak di blog saya. Dari awal, sejak blog saya masih beralamat www.odhievara.blogspot.com sampai sekarang berganti domain menjadi saya masih setia menggunakan www.dodifaedlulloh.com ,tool guestbook ini. Namun posisinya saja yang selalu berubah-ubah, tergantung dari template yang pernah digunakan, pernah disamping kanan, samping kiri, navigasi atas, dan sekarang navigasi bawah, sebelum footer blog.

Tulisan ini sengaja saya buat untuk menginformasikan kepada para blogger yang senang ber-blogwalking ria kalau guestbook yang ada dalam blog ini berada di navigasi bawah, sebelum footer. Mungkin banyak yang jadi bertanya, “Lah kok dibawah, kan jadi ga keliatan ?”. Saya sadar akan hal itu, tapi saya punya alasan tersendiri mengapa harus menyimpan guestbook di navigasi bawah.

Alasannya sederhana, agar para tamu mau tidak mau membaca postingan saya, ya walaupun hanya sekilas, dari atas (judul) sampai kebawah. Dengan menyimpan guestbook dibawah, si pengunjung jadi sempat membaca, atau setidak-tidaknya melihat secara keseluruhan, secara portrait. Latar belakangnya karena secara pribadi, masih sanksi kalau banyak para pengunjung (tidak hanya pengunjung di blog saya) cuma sekedar jalan-jalan tok, tidak sempat atau bahkan memang sengaja tidak menyempatkan untuk membaca postingan yang ada di blog. 

Beberapa hari pasca pemindahan guestbook, melihat di widget hitstats, pengunjung berdatangan, namun guestbook tidak terisi, ya bisa jadi memang kebetulan sang pengunjung itu cuma ingin blogwalking, tidak lebih, tidak sampai membaca postingan blog. Kalau si pengunjung membaca, setidaknya si pengunjung bisa meninggalkan komentar di postingan. Tapi karena belum ngeh dimana guestbook berada atau malah tidak terpikir kalau di blog saya ada navigasi guestbook, setelah didepan beranda, baca sedikit langsung close. Sayang !

Nah, maka dari itu saya akhirnya tetap memutuskan untuk menyimpan guestbook, dengan harapan semoga para blogwalker yang ingin meninggalkan jejak di guestbook masih sempat membaca blog saya secara portrait. Iseng banget sih ? Iya, saya suka dengan keisengan ini ! []

18 komentar:

Obat Sakit 2011 mengatakan...

aku lebih suka ditaruh di atas gan biar pengunjung cepat mengisi buku tamunya jika mereka hanya ingin blog walking tanpa baca isi blog
trims gan bermanfaat buat kita semua

Masbro mengatakan...

Saya mau meninggalkan kenang2an komentar ah.. hehe;

Salam hangat..

pakde sulas mengatakan...

pakde penginnnya baca dan komentar tentang posting ini, tetapi postingnya tertutup oleh "tabir kuning"

Er'end mengatakan...

"Alasannya sederhana, agar para tamu mau tidak mau membaca postingan saya, ya walaupun hanya sekilas, dari atas (judul) sampai kebawah"
Masukan yang bagus sob,saya setuju.Salam kompak saja dari timur Indonesia.

Dinar Azadin Anhar mengatakan...

Nice share om, ini sangat bermanfaat bagi bloger pemula seperti saya :D

Dodi Faedlulloh mengatakan...

@Obat Sakit 2011 -- Saya pun sebenarnya demikian, tapi ini sekedar teknik, usaha yang saya coba lakukan agar si pengunjung benar-benar 'terjebak' di blog saya :) . Sama-sama, mari berbagi.

@Masbro -- Salam hangat juga :)

@Pakde Sulas -- "tabir kuning" itu apa Pakde ? Mboten ngertos, :)

@Er'end -- Salam kompak :D

@Dinar -- Sama-sama kawan

BALI RATIH mengatakan...

kalo bisa di taruh di atas bro
supaya pengunjung lebih mudah

Aa mengatakan...

Asik juga nih. :)

Zan Insurgent mengatakan...

oke juga nih trik nya.......

Alvin nur luqman mengatakan...

Mantabs gan artikle nya . . . .

MasDidik mengatakan...

Oke gan,,
thank's infonya,,

Musi mengatakan...

makasih infonya... very useful
Motorcycle Review and Tips

Obat Sakit 2011 mengatakan...

trims gan
tentu semua ada alasan tersendiri

Obat Sakit 2011 mengatakan...

aku hanya ingin mengucapkan Marhaban ya Ramadhan gan
maaf bila selama ini ada kekeliruan atau kurang berkenan diriku ini dalam berkomentar gan ya

cerita dan ilmu mengatakan...

Hehehehe... nice trick bro...

Sukadi mengatakan...

tiap orang mungkin punya trik tersendiri agar pengunjung 'terjebak' dan mau 'menikmati' postingan maupun isi dari blog.. hehe
semoga sukses ..:)

obat pembesar penis mengatakan...

trimakasih atas infonya

salam sukses bos

Obat Pembesar Penis mengatakan...

salam sukses ya bos jangan lupa kunjungin balik ya http://bitly.com/1eA49jw

 
Creative Commons License
All contens are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.

Creative Commons [cc] 2011 Dodi Faedlulloh . Style and Layout by Dodi | Bale Adarma